Tradisi Mengadakan Konser di SMA 2 Bandung

foto

Sejumlah panitia siswa SMAN 2 Bandung sukses menggelar Supebazar flight 173 yang dimeriahkan oleh Peterpan.

Telinga anda pasti tidak asing lagi dengan grup band asal Banadung yang bernama Peterpan. Seperti yang kita ketahui, Peterpan merupakan salah satu band besar di dunia musik Indonesia. Tidak mudah bagi sebuah Event Organizer (EO) menggelar konser peterpan.

Untuk mengatur pelaksanaan sebuah acara sehingga bisa berlangsung sebagaimana mestinya, pada umumnya penggagas acara akan menggunakan jasa EO untuk mengatur segalanya. Mulai dari tahap persiapan hingga pagelaran konser.

Namun, anda tahu siwa-siswi SMA 2 Bandung, Jalan Cihampelas No 58, Kota Bandung, Jawa Barat sukses meggelar konser Peterpan pada 22 November lalu yang berhasil mendatangkan lebih dari 9.000 penonton tanpa bantuan dari EO.

Bahkan selain Peterpan, pertunjukkan yang bertajuk Superbazar Flight 173 juga dibuka oleh grup-grup band lokal dan Ibu Kota, diantaranya Satnite, Motherfather, 3 Generation, Eragon, D.i.e.go, Mood Altering, Rosemary, Alone at Last, Rocket Rockers, Pure Sturday, dan Maliq D’esential feat Twenty Frist Night.

“Memang tidak mudah menggelar konser besar seperti ini, ersiapannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Walaupun repot tapi kami tetap menikatinya, bahkan kami merasa sangat puas dengan penonton yang datang. Sembilan puluh ribu tiket habis terjual dengan harga Rp. 30.0000/tiket, tapi penonton sepertinya lebih dari itu, karena banyak para undangan dan alumni,” ujar Harfin (17), siswa kelas III yang juga wakil ketua acara tersebut.

Pertunjukkan konser seperti ini bagi siwa-siswi SMA 2 Bandung merupakan sebuah kegiatan rutin yang biasanya digelar satu tahun sekali. Untuk menggelar acara tersebut mereka menggalang dana dengan berbagai cara, diantaranya dari orang tua murid, alumni, dan sposor.

Menurut Harfin sebelum event itu digelar panitia menggelar pra event sebagai ajang latihan menggelar sebuah konser yang lebih besar. Pada pra event tersebut dimeriahkan oleh grup-grup band indie, antara lain Rocket Rockers, Sinden Tosca, Dead Vertical, dan Rosemary.

“Sebulan sebelum event ini digelar, kami menggelar pra event sebagai ajang latihan menjadi panitia dalam menggelar sebuah konser, sehingga kita siap menggelar konser ini. Selain itu, pra event itu juga sebagai sarana publikasi juga,” tutur Harfin.

Seluruh siswa mulai dari kelas satu hingga kelas tiga semua terlibat menjadi panitia acara. Mereka semua saling bekerja sama dan kompak. Para guru pun mendukung acara tersebut. Adapun peran guru sebagai pendamping. Dukungan para guru juga diwujudkan dengan membantu permasalahan perizinan dan perpajakan.

Harfin mengaku untuk menjadi panitia seperti ini para guru tidak mengajarkan secara khusus kepada para siswanya. Mereka belajar turun-temurun dari kakak kelas mereka yang telah meggelar acara serupa.

“Acara seperti ini sudah tradisi di sekolah ini, untuk menggelar acara ini kami belajar dari kakak-kakak kelas kami yang telah menggelar acara seperti ini juga. Kemungkinan kedepan, adik kelas kita pun akan mengadakan acara serupa. Para guru tidak mengajarkannya di kelas,” kata Harfin.

Seiring dengan maraknya acara-acara pergelaran musik dan acara-acara lainnya, saat ini memang marak bermunculan perusahaan yang menawarkan jasa event organizer, bisnis yang menawarkan jasa penyelenggaraan suatu acara, namun sepertinya hal ini tidak berlaku bagi para siswa-siswi SMA 2 Bandung.

(tulisan ini dibuat saat saya PKL di Harian SINDO, dimuat tanggal 30-11-2008)

Explore posts in the same categories: bebas

Tags: , , , , , , , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

One Comment on “Tradisi Mengadakan Konser di SMA 2 Bandung”

  1. mustaqim Says:

    haiiiiiiiiiiiiiiiiiiii kwn


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: